Kenapa Hp Sering Panas dan Baterai Cepat Habis Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis ? nah tentu anda sebagai pengguna sering dong yaa merasakan hal seperti ini tentu anda bingung sebenarnya apa sih yang terjadi ko bisa seperti itu. Nah masalah kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis ini kalau dibiarkan memang lama-lama membuat hp anda semakin bermasalah.

kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis

Kebanyakan memang sih peneybab dari kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah dari si pengguna itu sendiri dan yang kedua baru dari bagian komponen yang bermasalah.

Namun kebanyakan memang awal mula masalahnya berada di penggunaan yang tidak benar dan kurang menjaga sehingga mengalami hal seperti ini.

Tetapi perlu anda ketahu bahwa masalah ini meski disebabkan oleh si pengguna namun jika masalah hp sering panas dan baterai cepat habis karena penggunaan yang lama dan berjam-jam itu seuah hal yang wajar dan memang penggunaan seperti itu adalah tidak benar.

Ketika hp sudah mengalami panas secara otomatis pasti beraibat kepada baterai yang boros dan cepat habis sudah pasti ini, karena kebanyakan ketika hp panas maka tentu ada penggunaan yang tidak normal sehingga baterai boros.

Nah bagi anda yang mengalamu masalah kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis berikut ini kami berikan penyebab yang mungkin terjadi dan anda alami.

Penyebab Kenapa Hp Sering Panas dan Baterai Cepat Habis

1. Baterai Sudah Bermasalah

Yang pertama kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah kemungkinan memang karena baterai sudah bermasalah sehingga meski anda menggunakan hp tersebut sebentar sudah terasa panas dan boros.

Biasanya jika masalahnya di baterai rasa panas biasa terasa dibagian baterai belakang, ketika sudah begini pasti dibarengi baterai yang boros.

Masalah baterai ini banyak penyebabnya yaa mulai dari penggunaan yang tidak benar seperti tidak memakai charger ori dan lain sebagainya.

Nah paling parahnya sih kalau sampai layar ngangkat atau anda tahu bahwa baterai sudah mengelembung atau kembung maka dari itu cek apakah baterai sudah mengalami hal tersebut atau belum.

Simak juga: Cara Menghemat Baterai Health iPhone Ini 5 Caranya Agar Awet

2. Menggunakan Sambil Dicas

Berikutnya jika anda sering melakukan hal seperti ini maka ini adalah salah satu peyebab kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis.

Hp ketika dicas memang seharusnya didiamkan agar fokus untuk mengisi baterai, namun beberapa pengguna malah memilih untuk menggunakanya dan terlebih jika digunakan sambil dicas sambil main game dalam waktu lama.

Sebenarnya tidaklah tersebut sangat tidak disarankan selain membuat hp panas juga tentu ketika digunakan tidak nyaman bukan ? tangan akan mudah berkeringat karena panas yang ditmbulkan hp anda.

Selain tidak nyaman ketika digunakan hal seperti ini juga bisa mengakibatkan masalah lainya salah satunya baterai bermasalah seperti kembung, ini merupakan salah satu penyebabnya.

Maka dari itu jika anda sering melakukan hal seperti ini mulai sekarang alangkah baiknya memang tidak dilakukan kembali karena selain merusak baterai juga membuat hp anda bermasalah.

3. Data Seluler Aktif dan Sinyal Lemah

Kemudian kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah kemungkinan data seluler di hp anda itu aktif dan sinyal di lokasi anda tidak stabil atau lemah.

Jika anda mengalami hal seperti ini maka sebaiknya saran saya data seluler dimatikan saja karena percuma juga sinyal tidak stabil dan tidak konek malah membuat hp anas dan baterai boros.

Selain itu juga data seluler yang menyala terlalu lama atau sering tidak anda matikan juga merupakan salah satu peyebabnya juga, jadi memang data seluler selain memang membuat hp panas juga membuat baterai cepat habis jika digunakan dalam waktu yang lama.

Simak juga: Penyebab Hp Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai Ini Ternyata 7 Sebabnya

4. Kecerahan Layar Terlalu Terang

Nah jika anda adalah salah satu pengguna yang menggunakan kecerahan layar yang tinggi ini adalah salah satu penyebab kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis.

Jika sudah menggunakan data seluler, kecerahan layar tinggi itu merupakan sebuah kombinasi yang membuat hp anda cepat panas dan baterai juga boros.

Mau baterai hp anda besar sekalipun jika penggunaan seperti itu tentu tidak berpengaruh tetap saja baterai juga boros ko anda juga pasti merasakanya.

Maka dari itu sebagai saran gunakan kecerahan sesuai situasi jangan selalu memakai kecerahan layar yang tinggi karena kecerahan layar merupakan fitur yang paling banyak memakain baterai.

5. Hotspot Seluler Aktif

Banyak pengguna yang lupa dan baru ingat ketika mengalami masalah kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis ternyata disebabkan oleh hotspot yang masih aktif.

Hotspot yang aktif terus akan membuat hp anda menjadi panas karena hotspot sediri terus memnacarkan sinyal supaya ditangkap oleh pengguna lain sehingga wajar bila mengalami masalah ini.

Meski tidak ada yang menyambung karena hotspot terus aktif maka fitur juga akan tetap bekerja, maka dari itu cek dulu apakah fitur hotspot itu aktif atau tidak.

Simak juga: Penyebab Tombol Power Hp Tidak Berfungsi Ini Dia 6 Penyebabnya Ternyata

6. Adanya Bug Setelah Update

Nah jika anda mengalami masalah kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis setelah melakukan update os maka kemungkinan besar memang os yang terbaru tersebut masih banyak bug.

Hal ini sering banget terjadi tentunya dimana banyak pengguna yang menyesal ketika sudah update ke os yang terbaru malahan baterai boros dan baterai juga cepat panas.

Ketika sudah terlanjur begini memang cara satu satunya sih menunggu update berkutnya atau anda bisa melakukan downgrade namun itu sulit dan ribet lebih baik memang menunggu update berikutnya saja.

Ya memang terkadang os itu cocok cocokan ada yang setelah update jadi bagus namun ada juga yang setelah update malahan jadi seperti ini.

7. Tidak Memakai Aksesori Yang Ori

Yang terakhir kemungkinan kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah karena memang anda tidak memakai aksesori yang original.

Aksesori yang dimaksud disini cukup banyak bisa dari charger, baterai dan yang lainya, jika anda sebelumnya membeli hp second kemungkinan memang hp tersebut pernah diservice.

Namun jika anda membelinya baru seharusnya memang anda tahu apa yang menyebabkanya dan ketika melakukan apa masalah ini datang.

Usahakan memang pakailah aksesori yang ori bawaan karena itu lebih baik karena sudah distandarkan dengan hp anda tersebut agar sesuai dan aman.

Cara Mengatasi Kenapa Hp Sering Panas dan Baterai Cepat Habis

Nah bagi anda yang mengalami masalah diatas dan sudah tahu apa penyebabnya maka tentu sekarang taulah langkah apa saja yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Gunakan Komponen Yang Ori

Menggunakan aksesori dan komponen yang ori adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya dimana komponen yang ori tentu sudah sesuai dengan ponsel anda begitu juga dengan aksesorinya.

Seperti baterai dan charger selalu pakai yang ori karena jika charger bukan ori maka selain akan merusak baterai juga keamananya perlu dipertanyakan.

Simak juga: Penyebab Layar Hp Berkedip Kedip Serta Solusinya Terbaik dan Ampuh

2. Tidak Menggunakan Terlalu Over

Nah karena anda sudah tahu bahwa hp anda sering mengalami masalah seperti itu maka cara mengatasinya kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah dengan tidak menggunakan terlalu over.

Jika anda hobi bermain game batasi waktu bermainya selain itu juga jangan lupa matikan beberapa fitur lainya seperti data seluler, bluetooth, gps, turunkan kecerahan dan hotspot.

3. Service

Yang terakhir cara mengatasi kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis adalah dengan melakukan service terhadap hp anda tersebut siapa tahu memang masalahnya ada di komponen.

Komponen yang bermasalah dibagian baterai, prosesor dan lain sebagainya tentu untuk memperbaikinya adalah dengan service maka dari itu ketika mengalami hal seperti ini dan solusi diatas tidak berfungsi lakukan service.

Demikian informasi tentang kenapa hp sering panas dan baterai cepat habis penyebab dan cara mengatasinya lengkap, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Share

Leave a Comment